Recent Posts

    Pentingnya NITK bagi Tenaga Pendidik

    Nomor Induk Tenaga Pendidik (NITK) bagi Tenaga Pendidik (TENDIK) adalah salah satu upaya Risdikti meningkatkan pelayanan kepada Tenaga Pendidik yang bekerja pada perguruan tinggi baik swasta ataupun Negeri. Risdikti dalam hal ini bertujuan menyetarakan antara Tenaga Pendidik dengan Dosen yang bekerja pada Perguruan Tinggi.

    Tenaga Pendidik perannya sangat besar memajukan suatu perguruan tinggi, jika saja Tendik tidak ada, siapa yang mengurusi administrasi suatu perguruan tinggi, seperti pelaporan PPDIKTI/Feeder, Sinta, Tata Usaha, Arsiparis, Humas, Pranata Komputer, Pustakawan, tentunya lembaga tersebut tidak tertata dengan baik, sebab itu lah pentingnya keberadaan Tendik. 

    Perbedaan NITK dan NIDN

    Sebelumnya sahabat Kekampus sudah tau ya perbedaan NITK dan NIDN, Boleh di Skip bagian ini ya!!, 

    NITK

    NITK dikhususkan untuk tenaga selain dosen atau sering di sebut bagian administrasi atau Staff pada perguruan tinggi seperti Operator PDDIKTI, Bendahara, Tata Usaha, Bagian Akademik, dll, Risdikti menyebut dengan sebutan Tenaga Pendidik. Kabar Gembira bagi Perguruan Tinggi khususnya Perguruan Tinggi Swasta yang mempunyai NITK untuk karyawan/staff bisa mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan dan pemberian Reward.

    NIDN

    Sedangkan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dikhususkan bagi Tenaga Pengajar (Dosen) yang bekerja atau mengajar di Perguruan Tinggi Swasta, harus mempunyai NIDN agar memudahkan RISDIKTI mendata dosen-dosen yang bekerja pada suatu perguruan tinggi, bagi dosen yang sudah mempunyai NIDN bisa mengecek melalui Forlap Dikti, apakah sudah terlapor atau belum, jika belum dapat menghubungi operator Perguruan tinggi masing-masing dimana dosen tersebut mengajukan NIDN.

    Cara Pengajuan NITK
    Pengajuan NITK bagi Tendik tidak terlalu sulit, adapun persyaratan yang harus disiapkan adalah agai berikut:

    1. Scan KTP
    2. Scan Ijazah/Penyetaraan
    3. SK Fungsional
    4. SK Penempatan
    5. Pas Photo terbaru
    Login Sdm.pddikti.ristekdikti.go.id 

    Semua persyaratan tersebut harus berukuran maksimal 500 Kb, berkas tersebut boleh di Konvert ke PDF, kecuali Pas Photo harus format JPG, setelah semua berkas lengkap, berkas tersebut akan di Upload melalui Web Sistem Risdikti dengan alamat sdm.pddikti.ristekdikti.go.id,  username dan pasword sama dengan pddikti.ristekdikti.go.id. Pada tulisan selanjutnya Kekampus akan membahas cara mengupload NITK pada web sistem pddikti. sampai jumpa nanti ya!

    0 Response to "Pentingnya NITK bagi Tenaga Pendidik"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel